KARANGANYAR – Para pelaku wisata di Karanganyar, siap menyambut wisatawan pada alebaran mendatang. Meski dalam situasi ekonomi yang sedang lesu, para pelaku wisata tetap optimis, Lebaran mendatang, objek wisata alam yang dikelola, dapat menjaring para wisatawan.

Sejumlah pelaku wisata menawarkan berbagai konsep wisata menarik, hingga potongan harga memasuki lokasi wisata alam.

Seperti yang dilakukan oleh The Lawu Grup. Dengan berbagai objek wisata yang dikelola, khususnya di Tawangmangu, managemen mulai melakukan promosi sejak awal bulan Ramadhan. Lebaran merupakan momentum wisata keluarga.

Presiden Direktur The Lawu Grup, Parmin S Wijono mengaku tetap optimis kunjungan wisata, ditengah ekonomi yang mengalami penurunan.

Parmin menjelaskan, ribuan pemudik akan merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Selama mudik Lebaran, ujarnya, ribuan pemudik ini akan mengunjungi objek wisata yang dikelola The Lawu Grup. Seperti Jembatan Kaca Kemuning Sky Hills, Lawu Park, Sakura Hills, Wonderpark Tawangmangu, Air Terjun Ngargoyoso Waterfall serta objek wisata lainnya.

“Kami tetap optimis kunjungan wisatawan ke lokasi wisata yang kami kelola akan mengalami peningkatan. Lebaran ini merupakan momentum yang tepat untuk berwisata bersama keluarga,”ujarnya, Sabtu (22/3/2025) petang.

Dijelaskannya, selama momen Lebaran, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk menarik pengunjung. Diantaranya dengan memberilan potongan harga tiket lokasi wisata hingga 15 persen dan 10 persen untuk resto dan pusat oleh-oleh.

“Sejak awal bulan ramadan, kita telah melakukan promosi. Dari sisi internal, kita melakukan pembenahan objek wisata. Sehingga para wisatawan lebih nyaman,”terangnya.

Parmin menuturkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, para wisatawan mulai berkunjung kenlokasi wisata pada H+1 Lebaran.

“Kita siap menyambut para wisatawan saat Lebaran. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik. Kita pastikan semua aman dan nyaman,”tandasnya.

Sementara itu, Manager Umum The Lawu Grup, Ahmad Ridho menambahkan, saat ini ada 27 unit bisnis yang dikelola. Yang meliputi 15 lokasi wisata, 9 resto dan kafe serta 31 pusat oleh-oleh.

“Seluruh unit bisnis siap menyambut para wisatawan saat Lebaran. Kami pastikan tidak ada kenaikan harga tiket. Kami bahkan memberikan potongan harga hingga 15 persen untuk tiket terusan masuk lokasi wisata,” tambahnya.***

Iwan Iswanda